Monday, May 20, 2013

Modul 2 Type data


STEI - ITB
TMD 49013025


Program yang dijalankan dengan menggunakan aplikasi  console  pada Visual C++ 2008 akan membaca data dari command line dan hasilnya akan ditampilkan dalam command line juga. Data dalam pemrograman C++ dikelompokkan berdasarkan panjang data yang dapat diisikan atau dapat dibaca. Kelompok data dikelompokkan berdasarkan tipe data. Tipe data berfungsi untuk mereferesentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat dalam program.
2.1  Tipe Data Dasar
Dalam C++ terdapat beberapa tipe data dasar yang telah didefenisikan dan digolongkan dalam tipe bilangan bulat (integer), bilangan real (floating point), tipe logika (boolean), dan tipe karakter/teks (character/string).

  • Tipe data bilangan bulat digunakan untuk data-data yang tidak mengandung angka di  belakang koma.
  • Tipe data bilangan real  merefresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka di belakang koma.
  • Tipe Logika  merepresentasikan data-data yang hanya mengandung dua nilai yaitu benar untuk nilai 1 dan salah untuk nilai 1. Istilah ini juga dikenal dengan nama lain yaitu benar (true) dan salah (false). Compiler Visual C++ 2008 telah memenuhi standar ANSI/ISO dan tipe logika dinyatakan dalam tipe bool.
  • Tipe data Karakter/String  merepresentasikan data-data berupa karakter . Tipe data karakter dinyatakan dengan tipe  char, sedangkan untuk  string  yang merupakan kumpulan dari karakter dinyatakan sebagai pointer  dari tipe  char  dan dituliskan dengan  char*. Untuk membedakan tipe karakter dan  string  adalah tanda pengapitnya. Tipe data string  diapit oleh tanda petik ganda (“  ”)  dan tipe data karakter diapit oleh tanda petik tunggal (‘  ’).
Untuk memulai  mempelajari mengenai tipe-tipe data mari kita lihat cuplikan pembuatan program dengan menggunakan type data :

selamat mencoba dan bermanfaat



No comments:

Post a Comment