Tuesday, April 9, 2013

BERBISNIS KECIL UNTUK KALANGAN MAHASISWA


Kebanyakan mahasiswa pasti mempunyai banyak keterbatasan, atau kendala yang dihadapi salahsatunya modal awal untuk awal mula berbisnis., namun jangan khawatir. Gunakan media yang ada disekitar kita sehingga tidak terlalu besar dalam mengeluarkan modal. Ataupun bisnis tanpa modal  diantaranyanya :
1.      Jika pecinta internet, kita bisa memulai bisnis online contohnya dijejaring sosial facebook sangat menggiurkan, karena dengan modal yang relatif kecil, dengan modal internet sudah bisa mendapatkan uang. Adapun bisnis yang lumayan menggiurkan : 
a.     Dari membuat blog kita alkan bisa mendapatkan banyak informasi tentang cara menghasilkan uang dari sebuah blog.
b.     Dapat menjual barang-barang atau produk yang disukai para remaja, ataupun yang lainnya yang sedang trend seperti aksesoris, tas, sepatu, high heels, dress, baju-baju untuk wanita, baju untuk pria, dll.
c.      Jika koneksi internetnya bagus kita bisa menjual DVD film, software dan game yang didownload dari internet. Cara pemasarannya bisa secara online juga, atau ditempat kuliah.
2.     Jika dalam pemasarannya secara offline atau tidak dengan internet, cari celah untuk memulai berbisnis, disekitar kita apa saja yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Dari kendala yang didapatkan, maka coba cari solusi untuk memecahkan kendala tersebut. Contohnya disekitar kita sangat jauh dari penjual pulsa, tapi semua orang sangat membutuhkan pulsa. Kita coba saja berbisnis jualan pulsa, dengan modal yang masih kecil pun, nanti jika peminat pembeli pulsanya banyak modalnya akan terus bertambah besar.
3.    Bisa kita dengan membuka kursus atau privat kepada anak-anak SD,SMP, SMA ataupun yang lainnya sesuai dengan keahlian yang kita miliki.
4.    Menjual jasa/skill yang kita miliki contohnya menginstall windows, jasa memperbaiki barang, jasa mengetik, dll.
5.     Kalau kita suka menulis, coba kita membuat buku dan diterbitkan dan ditawarkan kepada para calon pelanggan.
Semakin kita banyak mencoba dan banyak jaringan orang, kita akan mudah dalam berbisnis, maka carilah teman sebanyak mungkin untuk mencari celah bisnis selanjutnya yang sedang mereka butuhkan. Maka celah berbisnis kita akan semakin mudah.

No comments:

Post a Comment