Tuesday, April 9, 2013

SINOPSIS DAN TREATMENT DARI NASKAH PENDEK


Sinopsis ini diambil dari sebagian pengalaman pribadi yang pernah saya alami.
Sinopsis naskah pendek
Cinta Bersemi di Mesjid
Ext.  SMA Negeri 1 Pangalengan, pagi
Pagi yang begitu indah dengan sejuknya embun yang menghiasi rerumputan yang ada disekitar gedung sekolah.
Int. Ruangan osis
Seluruh panitia MOSB (masa orentasi siswa) berkumpul untuk mengerjakan tugas masing-masing yang dipimpin oleh seorang ketua MOSB yang bernama Ari berusia 17 tahun.
Ext. Perjalanan menuju mesjid
Yanti, nama panggilannya dia ditugaskan sebagai seksi rohani, dya bergegas menuju mesjid dengan kondisi badan yang begitu lelah karena sedang meriang..
Int. Mesjid ,
Yanti bertugas sesuai dengan perintah menyiapkan untuk solat dzuhur, sambil menggigil yanti membereskan sejadah dan mukena yang ada dimesjid..
Int. Ruangan didalam mesjid
Yanti merasa kelelahan dan mengeluh “ huh cape banget nih, pusiing serasa pengen istirahat sejenak L “. Akhirnya yanti istirahat sejenak diruangan itu ada jaket tebal, tas berisi laptop jadul, dan peralatan untuk mesjid.
Yanti bertanya-tanya “ jaket dan barang-barang ini punya siapa yaah? Kok ada disinih ..??” dia heran.
Karena yanti ga tahan lagi dya istirahat diruangan itu dengan menyelimutkan jaket yang ada diruangan itu “ ahh pake aja dulu deh daripada menggigil teruss”.. yantii beristirahat sambil bersandar didinding ruangan itu.
Yosep namanya sebagai kepala koordinator seksi rohani, yang mempunyai sikap pendiam dan begitu dingin pada setiap orang, tapi yanti ga pernah tau tentang yosep.
Yosep :
Yosep kaget  pada saat membuka pintu ruangan dimesjid “ astaghfirulloh” dengan muka yang keliatan kaget dan malu.
Yanti :
Begitupun yanti dengan muka kagetnya nyampe ga bisa ngomong apapun, karena yanti lagi bersandar dengan mengenakan jaket tebal itu.”mmmmmh”
Yosep :
“maaf maaf saya mengganggu” dya sambil menunduk dan melihat jaket yang dipakai yanti.
Yanti :
Dia langsung menjawab “ ia gapapa kok... maaf juga jadi kaget nyah hehe” yanti sambil tersenyum malu. Dan yanti melihat yosep memandangi jaket yang yanti gunakan.
Yanti langsung bertanya “ maaf ini jaket siapa ???”
Yosep :
Dya langsung menjawab “ ooh itu jaket saya, tapi gapapa pake aja dulu” muka yanti keliatan malu,
Yanti :
“mmmh maaf yah q ga ngomong dulu minjemnya” sambil nunduk.
Yosep :
Ia gpp pakai aja lagi, kenapa kamu sakit yah?”
Yanti:
“ ia meriang nih”
Wajah yosep seperti khawatir dan bilang “ ia istirahatin aj yah semoga cepet sembuh yaah.. q tinggal dulu.. sambil menutup pintu ruangan yang ada di mesjid.
Singkat cerita :
Setiap hari yosep selalu mengantar jemput yanti untuk pergi dan pulang sekolah, sesekali yosep selalu mengajak yanti untuk pergi jalan-jalan disekitar pangalengan. Karena yanti merupakan anak yang tak pernah bermain, karena digeluti dengan kesibukan yang ada dirumah. Setiap hari yanti harus membantu ibunya berjualan dipasar, dan sesekali untuk menggantikan ibunya untuk mengurus ayah nya yang sedang sakit stroke yang tidak bisa apa-apa. Selama 7 bulan lamanya yosep melakukan PDKT pada yanti, tapi yanti tetap saja menganggap yosep sebagai teman tidak lebih.
Karena yosep merupakan murid teladan dan sekaligus ketua osis begitu banyak yang suka kepada yosep. Saya selalu menjadi sasaran empuk sebagai ejekan teman-teman yang ada disekolah, karena yanti hanya wanita biasa-biasa saja tidak mempunyai paras cantik seperti wanita lain yang menyukai yosep.
Caci maki dari wanita yang menyukai yosep selalu terdengan ditelinga yanti begitupun ejekan-ejekan yang membuat yanti sakit hati. Suatu ketika salah seorang yang menyukai yosep merupakan anak kepala desa, dia menggunjing yanti bersama teman sekelasnya. Wanita itu bernama Dea rambut panjang lurus, agak gemuk, dan berhidung mancung. Dia bia “ waah si yanti itu wanita gampangan yah??” sambil menertawakan yanti dan menggunjing hal yang tidak begitu enak. Perkataan itu terdengar oleh sahabat yanti yang sekelas dengan Dea.
Sahabat yanti itu bernama Tria menggukanan kerudung, berbadan kurus, kulit gelap, dia menceritakan semua omongan dea kepada yanti karena sahabat yanti sungguh sakit hati mendengar yanti sebagai sahabatnya dicacimaki oleh dea teman kelasnya sendiri.
Keesokan harinya pada tanggal 3 desember 2007 langit begitu cerah, saya sengaja pergi sekolah pukul 6.30 untuk menemui Dea, karena yanti sangat kesal dengan perkataan dea yang begitu menyakitkan hati.
Ext : gedung sekolah, Lapangan Volly
Yanti menunggu dea.. beberapa menit kemudian dea muncul dari gerbang dan yanti menunggu dilapangan volly dan disana lah yanti perang omongan dengan dea. Dea mengelak perkataanya, akhirnya tria muncul dan menjelaskan semuanya. Memang tetap dea mengelak, tapi dea dengan wajah merah dan susah bicara karena memang dea berkata seperti itu, dea tidak mau mengalah. Dan akhirnya bel masuk berbunyi, setelah itu yanti mencoba untuk mengalah walaupun yanti begitu sakit hati.
Singkat cerita
Sinar matahari yang menghangatkan disiang hari ini disekolah. Sepulang sekolah yanti mencari yosep untuk membicarakan semua yang telah dialami yanti selama 7 bulan berlalu. Namun yosep tidak ada disekitar sekolah. Alhasih yanti pergi bergegas kerumah. Yanti berjalan kaki dengan 2 orang sahabatnya icha dan tria.
Ext: Tukang ice cream didepan kiwari (nama tempat nongkrong)
Yanti dan 2 orang sahabatnya berhenti sejenak dikiwari, didepan kiwari ada yang jualan ice cream mereka bergegas untuk membeli ice cream. Yanti sambil memikirkan bagaimana caranya supaya yanti bisa menemui yosep.
Beberapa menit kemudian icha menyuruh yanti menelpon yosep. “ yan mendingan kamu coba telpon yosep nya supaya  cepet beres masalahnya “
Yanti : “ia deh aku telpon sekarang”
Yanti mengambil hape nokia jadulnya langsung menghubung ke hp yosep  beberapa detik kemudian yosep mengangkat teleponnya. Yanti : “ hallo assalamualaikum, yosep siang ini bisa bertemu nggak?
Yosep : sepertinya yosep heran karena di telpon tiba-tiba oleh yanti dengan begitu cemas “ ia bisa ada apa yan? Sepertinya serius banget ?”
Yanti : “ ia ini serius cepet jemput aku dikiwari “ dengan cara bicara yang tidak sabar akan kedatangan yosep.
Yosep : “ ia ia tunggu sebentar yaah “ aku kesanah sekarang”.
Yanti langsung menutup telepon tanpa ada basabasi apapun. Beberapa menit kemudian yosep datang bergegas menemui yanti. Dan yanti minta bicara langsung.
Yosep : “ ada apa ?”
Yanti : “ aku ga mau ngomong disini” wajah yanti tidak memandangi yosep yang baru datang.
Yosep :” ooh ya udah att”
Yanti langsung menaiki sepeda motor yang umurnya lumayan tua. Diperjalanan yanti tidak mengeluarkan sepatah kata.
Yosep :” ada apa sebenarnya ?” yosep selalu menanyakan seperti itu selama perjalanan, namun yanti tidak menjawabnya.
Ext: Situ Gede, Suka ratu (nama tempat)
Dengan pemandangan kebun teh yang begitu indah seperti hamparan karpet, yang dihiasi oleh situ atau danau dengan ukuran yang lumayan besar, yosep segera memberhentikan motornya didepan pohon besar yang begitu khas, dengan pemandangan yang begitu indah, dengan jalan yang dipenuhi bebatuan besar.
Yanti to the piont pada pembahasan yang membuat yanti sakit hati.
Yanti : “ apa maksudnya selama ini kamu mendekati ku? Karena aku udah cape banget dengan ocehan wanita-wanita yang suka sama kamu, aku cape banget “ sambil memperlihatkan wajah yang begitu kesal pada yosep..
Singkat cerita
Yosep belum menjawab pertanyaan yanti, karena yosep kaget dengan cerita yanti yang belum pernah diceritakan pada yosep. Pada saat yanti sudah panjang lebar menceritakan semua yang dirasakan yanti dengan tingkah yang begitu kesal, yosep baru bisa menjawab.
Yosep :” begini yan, maaf sebelumnya saya g maksud untuk membuatmu sakit hati karena keberadaan ku selama ini dikehidupan yanti. Makanya saya selalu mendekati kamu, karena aku suka sama kamu dan aku berharap kalau kamu bakalan jadi pendamping hidup q selamanya “. Dengan wajah yosep yang begitu serius. Dan yanti begitu aneh dengan cara bicara yosep yang serius, karena yosep memang pendiam dan dingin pada yanti.
Yosep :” karena awal pertama aku melihat kamu dimesjid itu, aku suka sama kamu dan bertekad untuk mendekati mu” maaf yah ti sebelumnya” yosep sambil menunduk malu.
Yanti tidak bisa bicara apapun sambil wajah yang mengo’ dan kosong .. yosep terus menanyakan “ gimana yan, bisa nggak?”
Yanti masih bengong dan menjawab :” haaah?? Apaah?? Ga salaah kamu ngomong ?” mmmmmh gimanaa yaah .. aku tuh sebenernya selama ini ga pernah punya perasaan lebih sama kamu,” maaf yah “
Wajah yosep yang begitu lelah dan putus asa,” mmmmh gitu yah L, ga bisa yah?”
Singkat cerita bebrapa menit kemudian yanti menjawab pertanyaan yosep
Yanti :” ia ga bisa nolak  hehehe J,  “
Wajah yosep berubah langsung menjadi ceria dan salah tingkah sambil memukul batang pohon yang ada didepan mata dan sambil berteriak yosep :” asyiiiik beneran yan? Kamu bisa nerima aku?” dengan wajajh yang begitu gembira.
Yanti hanya menjawab dengan manggutan saja dan yanti sangat aneh melihat yosep bertingkah seperti itu.

BERSAMBUNG

Treatment
Segment 1
Lokasi :        Gedung sekolah
scene
visual
Audio
1
SMA Negeri 1 Pangalengan dipagi hari dengan pemandangan gunung didepan gedung sekolah sejuknya embun dipagi hari dengan damainya pepohonan yang ad disekitar sekolah
Music background, kisah kasih disekolah yang dinyanyikan alm. Crisye.
2
Perjalanan dari ruang osis menuju mesjid, yanti sambil menggerutu mengeluh karena meriang.
Suara burung –burung dan hembusan angin
3
Internal didalam mesjid, yanti membereskan peralatan untuk shalat sambil ngomong sendirian.
Gerutuan yanti dengan suara air ditempat wudhu
4
Internal ruangan yang ada didalam mesjid, yanti mengeluh kedinginan, beberapa lama kemudian yosep masuk untuk membawa beberapa barang yang dibutuhkannya, ternyata ada yanti bersandar didalan ruangan itu dengan mengenakan jaket milik yosep
Percakapan antara yanti dan yosep.
5
Gedung sekolah lapangan volly, yanti menunggu wanita yang bernama Dea, untuk meluruskan permasalahan yang dialami yanti. Dan ada juga sahabat yanti beserta teman dari dea
Pecakapan antara yanti, dea, dan sahabat yanti. Ada suara gemuruh angin dan burung-burung yang berkeliaran

Segment 2
Lokasi :        Kiwari (nama tempat)
scene
visual
audio
1
Diperjalanan dari sekolahan menuju kiwari tempat nongkrong, yanti beserta kedua sahabatnya sambil bercerita
Percakapan antara yanti dan kedua sahabatnya, suara mobil, motor yang begitu berisik.
2
Yanti dan kedua sahabatnya nongkrong didepan kiwari sambil bercerita
Percakapan antara yanti dan kedua sahabatnya
3
Yanti dan kedua sahabatnya membeli ice cream didepan kiwari dengan menyerupai kape sederhana untuk nongkrong sambil memakan ice cream strawberry
Percakapan pelayan ice cream dengan yanti dan kedua sahabatnya.

Segment 3
Lokasi : Situ Gede, Suka Ratu, Malabar
scene
visual
audio
1
Diperjalanan dari kiwari menuju situ gede antara yanti dan yosep
Perkataan yosep, suara angin, motor, mobil, dan angin
2
Didepan pohon yang begitu khas, dengan jalan yang dipenuhi batu-batuan besar, dengan didepan pemandangan kebun teh yang menghapar luas seperti bentangan karpet besar, dan indahnya situ/ danau Gede namanya yang lumayan luas.
Percakapan antaran yanti dan yosep, dan suara angin yang begitu merdu
3
Bersambung  dengan background pemandangan gunung, kebun teh yang membentang luas dan awan yang begitu indah, beserta sinar matahari yang begitu terang, rimbunnya pepohonan yang ada disekitar
Music background i will fly yang dinyanyikan oleh group ten 2 five.

No comments:

Post a Comment