Tuesday, April 9, 2013

LAPORAN KUNJUNGAN PUSTEKKOM




Pada hari selasa tanggal 29 Januari 2013, kami mahasiswa ITB – SEAMOLEC Batch 7 mengunjungi PUSTEKKOM. Kegiatan ini didukung oleh matakuliah Script Writing for Video dengan didampingi oleh Pembimbing yang sekaligus sebagai dosen mata kuliah Script Writing for Video.
Tujuan dari kunjungan ini untuk lebih mengetahui tentang pusat komunikasi dengan menggunakan teknologi yang setiap saatnya berkembang pesat.
Mulai pertama masuk gedung PUSTEKKOM, terlihatnya sangat menarik, kita menunggu didepan ruangan “ISTANA ANIMASI”. Setelah itu kami langsung berkumpul untuk mendengarkan penjelasan-penjelasan yang disampaikan oleh salahsatu staff dari PUSTEKKOM. Adapun produk-produk PUSTEKKOM diantaranya :
1.     Televisi edukasi saluran 1 didedikasikan untuk para siswa yang bertujuan untuk memberikan layanan siaran pendidikan yang berkualitas untuk menunjang tujuan pendidikan nasional. Siaran ini dapat disaksikan melalui streaming dan juga disiarkan melalui satelit keseluruh tanah air dan dipancarkan ulang oleh TV lokal, TVRI dan TV berlangganan.
2.    Televisi edukasi saluran 2 didedikasikan untuk para pendidik. Disiarkan melalui satelit ataupun bisa dengan streaming.
3.    Radio edukasi merupakan produk unggulan BPMRP Yogyakarta yang berbentuk radio station. Dapat dicari pada frekuensi AM 1251 KHz, mulai pukul 12.25-19.30 WIB.
4.    Mobile learning ini dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran mandiri diluar jam pelajaran sekolah.
5.    Portal rumah belajar yang merupakan media belajar berbasis online untuk para guru dan siswa dapat mengakses bahan pembelajaran serta dapat berinteraksi antar komunitas pendidikan.
6.    Jardiknas merupakan jaringan pendidikan dan kebudayaan nasional yang dapat diakses keseluruh pelosok daerah yang ada diindonesia.
7.    PPDB online ini merupakan sistem penerimaan peserta didik, yang dapat dilihat secara real time dengan memanfaatkan jaringan internet.
8.    KI HAJAR merupakan program kuis unggulan tahunan dari televisi edukasi.
9.    Suara edukasi ini disiarkan secara teresterial di gelombang 1440 AM.
Adapun fasilitas yang ada di PUSTEKKOM diantaranya :
1.     Ruangan animasi
2.    Ruang Jelajah Angkasa
3.    Perpustakaan
4.    Studio radio
5.    Studio televisi
6.    Studio Multimedia
7.    Contact center
8.    Data center
9.    NOC

Memulai Kunjungan yang Sangat Menarik
Awal pertama kita mengunjungi ruangan jelajah angkasa. Diruangan ini kita bisa melihat luar angkasa. World Wive Telescope ini berhubungan dengan NASA. Contohnya jika kita ingin melihat keadaan planet mars, kita langsung dapat mengaksesnya dan dapat dilihat secara real karena terhubung dengan NASA. Semua fhoto-fhoto diluar angkasa yang ada pada aplikasi ini, dimiliki oleh NASA dan dirangkum sehingga dapat kita jadikan pembelajaran bumi dan antariksa. Jika kita menginginkan informasi dari salah satu yang kita cari, maka kita langsung bisa mengaksesnya tinggal diklik dan akan tercantum kode fhoto dari NASA dan bisa langsung diakses melalui wikipedia. Dari aplikasi ini kita dapat membuat film pembelajaran antariksa. Ini merupakan salahsatu aplikasi yang sangat sederhana untuk edukasi.

Setelah itu, kita langsung berkunjung keruangan studi televisi, disana kita melihat banyak perlengkapan untuk shooting, mulai dari kamera yang berukuran besar, sampai kamera yang berukuran kecil. Adapun lampu-lampu yang masing-masing nya mempunyai kegunaan tersendiri dengan kelvin yang berbeda. Adapun firtual setting untuk kelangsungan sooting, ada realset, dapun kamera tele yang gunanya untuk membaca berita ataupun untuk presenter. Adapun ruangan kontrol shooting,  ruangan tersebut untuk mengontrol jalannya shooting berlangsung, seperti sutradara, produser, dan sataff lainnya. Setelah itu kita masuk ke ruangan kontrol siaran. Diruangan ingi mengatur semua siaran yang akan ditayangkan. MCR ini merupakan ujung tombak dari siaran tv, ada komputer untuk mengontrol warna, running text, VTR, dll.

Setelah itu kita mengunjungi contact center . disini merupakan pusat pelayanan bantuan apabila ada gangguan. Untuk gangguan yang terkait dengan jaringan akan cepat ditanggapi.

Setelah itu kita mengunjungu ruangan multimedia, disini merupakan ruangan untuk merekan suara untuk disiarkan, dan sebelum disiarkan atau diedarkan suara ini bisa diedit oleh para staff yang bersangkutan dengan menggunakan salah satu aplikasi. Disini bisa menciptakan suara-suara kartun, orang lain, sesuai dengan karakter yang diinginkan sesuai dengan cerita dari film tersebut.

Setelah dari ruangan call center, kita mengunjungi ruangan suara edukasi. Ini merupakan radio edukasi, disini kita bisa menyiarkan edukasi melalui radio. Kebetulan hari itu sedang on air, kita bisa ikut serta. Ada 2 orang dari mahasiswa yang mengikuti kunjungan ini disuruh untuk ikut siaran dan memberikan saran-saran dan pengetahuan yaitu saya sendiri dan rekan saya Agung. Pada saat siaran saya diminta untuk memberikan saran dan pengetahuan tentang kereta api.

Setelah itu kita beranjak ke ruangan istana animasi. Disana ada staff dari PUSTEKKOM yaitu bapak cecep untuk menyammpaikan tentang animasi. Disana kita diajarkan mulai dari pembuatan stop motion, animasi 2 dimensi dengan menggunakan macro media flash, adapun animasi 3 dimensi. Tidak semua gambar yang bergerak disebut dengan animasi. Animasi merupakan suatu rangkaian gambar, tekt, atau yang lainnya yang dipotret secara berurutan dan diproyeksikan seolah-olah hidup atau bergerak. Salah satunya film shoun the ship ini merupakan animasi stop motion, gambar demi gambar dibuat menjadi animasi seolah-olah hidup atau bergerak dan diberikan efek suara. Contoh lain, uka-uka yang ada di film itu merupakan salah satu animasi. Dan kunjungan ke PUSTEKKOM berakhir di Istana animasi ini. Disini banyak animasi-animasi yang sangat bagus sekali.
Setelah mengunjungi semua ruangan yang ada di PUSTEKKOM ini, kami dikumpulkan kembali didepan, untuk mengakhiri kegiatan, dikarenakan tadi pada saat memasuki ruangan studio radio saya ikut siaran, saya dan rekan saya diberi souvenir berupa buku catatan dari PUSTEKKOM.
Manfaat yang didapatkan :
·         Mengetahui proses pembuatan film
·         Dapat langsung mengetahui cara membuat suara yang aneh, atau sesuai dengan karakter
·         Pengeditan suara
·         Pembuatan animasi stop motion
·         Pembuatan animasi 2 dimensi dengan menggunakan makro media flash
·         Mengetahui cara penyiaran film edukasi.
·         Mengetahui suasana shooting dan peralatan yang digunakan untuk shooting berlangsung.
·         Mengetahui cara penanganan disaat terjadi gangguan.
·         Mengetahui pembelajaran secara on line, dan dapat mengetahui suasana  diluar angkasa karena ada perangkat dari mikrosoft, untuk pembelajaran jelajah luar angkasa.
Saya sangat termotivasi dengan pembuatan animasi, pembelajaran luar angkasa, pengeditan suara, begitupun sampai ke pengontrolan pada saat shooting berlangsung.

No comments:

Post a Comment